RSS

BANTU OLAH DATA

Solusi Tepat Cepat dan Akurat Membantu Olah Data

Dalam proses penelitian, khususnya untuk jenis penelitian kuantitatif tidak akan terlepas dengan proses pengolahan data. Tahapan ini sangatlah menentukan dalam merumuskan hasil penelitian, pembuatan kesimpulan, serta sebagai dasar pembuatan rekomendasi hasil penelitian. Untuk itu sangatlah diperlukan kecermatan sebagai langkah-langkah konkrit atas data yang kita peroleh .

Kesalahan yang sering terjadi adalah adanya interprestasi yang kurang tepat. Data hasil penelitian tidaklah sekedar angka yang tak bermakna, tetapi sebenarnya kalau kita bisa menginterprestasikan angka-angka tersebut akan sangat menarik dan bermakna.

Pengolahan data

Adapun tahap-tahapan dalam pengolahan data adalah :

1. Editing data

Tahap ini adalah pengecekan dan perbaikan instrument penelitian, apakah semua sudah terisi, apakah tulisannya atau isiannya jelas, apakah jawabannya konsisten dengan pertanyaan. Apabila dijumpai ada jawaban yang belum lengkap, bila perlu dilakukan pengambilan data ulang.

2. Coding data

Setelah semua instrument diedit, untuk selanjutnya akan dilakukan pemberian kode, yaitu mengubah data yang berbentuk huruf menjadi angka.

3. Entry data

Data-data yang sudah diberi atau dirubah dengan kode angka, maka untuk selanjutnya akan dimasukan kedalam software komputer

4. Pembersihan data

Setelah semua data dimasukan dalam software, kemudian akan dilakukan pengecekan untuk menghindari kesalahan-kesalahan kode, ketidaklengkapan, dan sebagainya kemudian apabila terjadi kesalahan akan dilakukan pembetulan.

Analisis Data

Merupakan langkah yang amat penting. dalam sebuah penelitian setelah kita melakukan pengolahan data. Dalam langkah ini peneliti diharapkan bisa membaca dan memaknai hasil pengolahan dari data yang kita miliki. Dalam tahap ini peneliti diharapkan bisa melakukan analisis sebagai jawaban dari tujuan penelitian. pemilihan jenis analisis juga kita sesuaikan dengan tujuan penelitian.

1. Analisis deskriptif

Untuk analisis secara diskriptip dapat dilihat dari nilai mean,  median, modus, standar deviasi, varians, minimal, maximal, prosentase. Analisis dilakukan dengan melihat kecenderungan pola data yang kita miliki.

2. Analisis Uji Komparatif

Untuk penelitian dengan tujuan membandingkan atau membedakan bisa digunakan uji komparatif. pemilihan jenis uji komparatif disesuaikan dengan jenis data yang kita miliki (parametrik, non parametrik). Sifat data, terdistribusi normal atau tidak. Banyaknya variabel juga menentukan jenis uji apa yang akan kita gunakan. Uji statistik untuk studi komparatif ada beberapa mulai dari t-test (paired, independent), mann whitney, wilcoxson, kolmogorv smirnov, one way anaova, two way anova dll.

3. Analisis Uji regresi

Dilakukan untuk melihat apakah ada pengaruh variabel independent terhadap variabel dependent. Dengan analisis ini kita dapat melihat besaranya pengaruh satu variabel dependent  kepada variabel dependent. Untuk analisis uji pengaruh bisa dilakukan dengan uji regresi, baik regresi sedrhana ataupun regresi ganda. jenis uji yang kita gunakan bisa berupa regresi linear, regresi logistik. Penggunaannya juga dengan memperhatikan jenis data dan sifat data.

4. Analisis Uji Korelasi

Analisis ini digunakan untuk melihat hubungan yang terjadi, pola hubungan yang ada, serta arah hubungan yang terjadi. dalam analisis ini digunakan uji korelasi. Uji korelasi juga banyak ragamnya mulai dari contingency coeficient, spearman rank correlation, kendall tau, pearson product moment, partial corelation, multiple corelation. dalam uji hubungan juga perlu diperhatiakan sifat data dan jenis data.

Kecermatan, kejelian, serta ketanggapan sangatlah diperlukan dalam melakukan analisis. Proses analisis bisa dilakukan dengan melakukan perhitungan manual dengan rumus-rumus statistik, selain bisa dilakukan dengan membaca hasil output olah data dengan sofware, mis SPSS. Kesalahan yang sering terjadi adalah otuput dari SPSS tidak kita manfaatkan secara maksimal untuk menjawab tujuan penelitian.

Team kami akan berusaha membantu semaksimal mungkin bagi para peneliti pemula untuk melakukan pengolahan dan analisis data mulai dari analsis univariat, biavariat, dan multivariat. kami akan membantu menentukan solusi yang tepat, serta melakukan dengan cepat, akurat dan murah. kami akan membantu anda olah data  :

1. membantu olah data penelitian kesehatan,

2. membantu olah data penelitian ilmu-ilmu teknik, peternakan, perikanan,

3. membantu olah data penelitian hukum

membantu olah data penelitian pendidikan

serta penelitian-penelitian soaial lainnya.kirim data dalam bentuk format exell. untuk order bisa via email ; bambangsutomo20@yahoo.co.id, bisa juga dengan in box melalui accunt facebook, dengan accunt :mas bam’s.

Kepercayaan dan kepuasan anda merupakan penghargaan berharga bagi kami.

 

One response to “BANTU OLAH DATA

  1. ismi_yuki

    April 15, 2012 at 5:21 am

    THANKS…bermanfaat sekali buat saya sbgai mahasiswa

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: